• Recent Comments

Peralihan Hak & Peranan PPAT di INGGRIS

INGGRIS
Di Inggris terdapat :a. Law of Property Act 1925 (UU Pertanahan)
b. Land Registration Act 1925 (UU Pendaftaran Tanah)
c. Land Charges Act 1925 (UU Gugatan atas Tanah)
Pada tahun 1925, terdapat tanah terdaftar dan tanah tidak terdaftar dan karena penduduk semakin terpelajar (bisa baca dan menulis) maka rata-rata setelah tahun 1925 itu, para pemilik tanah mendaftarkan “property”-nya di Kantor Pertanahan (Register Office). Mengenai peralihan hak yang di Inggris disebut : “Conveyancing”, maka pada section 40 Law Property Act dinyatakan:
“ perjanjian peralihan hak harus tertulis dan ditandatangani kedua belah pihak atau oleh orang lain yang khusus dikuasakan penuh dengan undang-undang”.
Dalam contoh diterangkan bahwa penjual dan pembeli dapat langsung membuat perjanjian jual-beli (aktanya sudah di”standardisir” serta mengisi formulir pendaftaran) langsung dihadapan Kantor Pendaftaran (Registrar Office) dan bisa pula dilakukan dihadapan Solicitor (Notaris) serta tetap mengisi formulir pendaftaran untuk didaftarkan di Kantor pendaftaran yang bersangkutan.
Di Inggris peralihan hak dilaksanakan dihadapan pejabat penyimpan daftar pemilik tanah (registrar). Jual beli dapat dilaksanakan langsung, tanpa halangan dan dapat pula dilaksanakan dihadapan Solicitor dengan disamping mengisi perjanjian jual-beli yang baku mengisi daftar pendaftaran untuk kantor pendaftaran (registrar).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: